Humas_Lanim, Muara Enim, – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Apresiasi pelaksanaan tugas dan fungsi yang baik di Lapas Muara Enim  pada Program kegiatan Kakanwil Menyapa yang dilakukan secara Virtual ( Rabu, 08 September 2021 )

Diketahui bahwa kegiatan Kakanwil Menyapa merupakan Terobosan terbaru dari pimpinan tinggi Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi antara pimpinan Kantor Wilayah dengan jajaran di Unit Pelaksana Teknis (UPT) selama masa pandemi. Selain itu, ‘Kakanwil Menyapa’ juga menjadi sarana berbagi informasi, saran, dan kritik yang bisa disampaikan oleh semua level pegawai. Sebagaiaman diketahui untuk pegawai sebanyak 85 orang yang seluruhnya mengikuti kegiatan ini secara Virtual.

Bapak Kakanwil didampingi Bapak Kadivpas dan Bapak Kadivmin serta Kabagum mengikuti jalannya Zoom Meeting kegiatan Kakanwil Menyapa.

Pada kesempatan tersebut Kalapas Muara Enim Herdianto melaporkan bahwa Lapas Muara Enim memiliki isi penghuni saat ini sebanyak 1117 Warga Binaan telah divaksinasi 100% bekerjamasa dengan Dinkes Kabupaten Muara Enim, Polres Muara Enim dan Kodim 0404 Muara Enim.

“sebanyak 82 Orang Pegawai telah mendapat Vaksinasi dan 3 Orang lainnya belum dikarenakan alasan medis. Untuk Warga Binaan sendiri sebanyak 1084 telah divaksin sementara sisanya belum vaksin dikarenakan alasan medis. Pelaksanaan Vaksin tersebut tentunya bekerjasama dengan pihak-pihak terkait” Kata Herdianto

Kemudian Herdianto melaporkan Porgres Pembinaan Kepribadian dan Pembinaan Kemandirian Warga Binaan yang bersifat Produktif dan telah menghasilkan PNBP sesuai target yang telah ditetapkan oleh Dirjenpas.

Herdianto juga melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi setiap seksinya berjalan dengan baik mulai dari Subag Tu, KPLP, Minkamtib dan Seksi Binadik dilaporkan oleh Kalapas Muara Enin secara rinci dan mendetail kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel

Pada kesempatan yang sama dalam arahannya Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengatakan agar secara disiplin melaksanakan pengendalian dan pencegahan Covid-19, Kakanwil mengingatkan agar selalu taat protokol kesehatan seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selain itu, Kakanwil juga memberi perhatian khusus pada pegawai yang memiliki komorbid. “Terkait pegawai yang memiliki Komorbid, agar menjadi perhatian khusus pimpinan dan tim medis satuan kerja, tolong menjadi pertimbangan untuk dilaksanakan Work From Home, hal ini kita lakukan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan”, harap Kakanwil.

Kakanwil juga menyampaikan Core Value ASN yaitu Berakhlak dengan tagline ‘Bangga Melayani Bangsa’, Kakanwil meminta Pimpinan satker untuk selalu menginternalisasi Core Value ini agar diresapi dan dipahami oleh seluruh jajaran dengan. “ASN Kemenkumham Berakhlak, sudah seharusnya kita melayani, jangan kita minta dilayani”, pesan Kakanwil.

Kakanwil juga mengingatkan kepada jajaran Lapas Kelas IIB Muara Enim agar selalu menjaga kekompakan dan Integritas dalam bekerja dengan selalu berpedoman pada SOP dan aturan yang ada

Untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan Lapas, Kakanwil selalu mengingatkan supaya tidak adanya diskriminasi layanan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan, selalu berkomitmen dalam pemberantasan HALINAR (Handphone, Pungli, dan Narkoba). “Terutama Narkoba, pimpinan Kanwil kemenkumham Sumsel secara tegas menyatakan tidak main-main dengan kasus narkoba, jika ada pegawai yang terlibat resiko berhenti yang akan diterimanya, sehingga jauhi narkoba dan jangan coba-coba mendekatkan diri dengannya”, pesan Kakanwil.

Turut menambahkan Kadivmin mengapresiasi Pelaksanaan Capaian Kinerja B09 Lapas Muara Enim yang sudah dilaporkan secara tepat waktu kemudian untuk Capain IKPA bulan Agustus 2021 telah melapaui target yakni sebesar 98,36.

Dilanjutkan Kadivpas menyampaikan agar melaksankan deteksi Dini berupa Razia rutin maupun Insidentil untuk mencegah gangguan Kamtib.