Humas_Lanim, Muara Enim – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim beserta Jajaran ikuti Rapat Koordinasi Teknis Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di Bidang Kekayaan Intelektual dan Kumham PR SUMMIT Vol.1 dengan Tema “Sinergi Humas Kemenkumham untuk Indonesia Tangguh di Era Ekonomi Digital” secara Virtual. Selasa, (23/11/2021)

Dalam Kegiatan Rakornis yang diikuti oleh Satuan Kerja seluruh Indonesia secara Virtual tersebut dibuka langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward Omar Sharif Hiariej.

Rakornis yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM itu akan diselenggarakan selama tiga hari kedepan.

Pada sambutannya Plt. Dirjen HAKI, Razilu mengatakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memiliki tugas dan fungsi dalam menjamin tegaknya supremasi dan kepastian hukum serta pemajuan Hak Asasi Manusia yang berdasarkan keadilan dan kebenaran. Peran Strategis di dalam sistem hukum nasional tersebut membuat Kementerian Hukum dan HAM sering menjadi sorotan publik di berbagai media massa. Hal tersebut tentunya perlu di imbangi dengan Manajemen Kehumasan yang handal serta kompeten agar dapat membangun citra organisasi yang baik di mata publik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Kementerian Hukum dan HAM.

” Pendekatan komunikasi yang adaptif serta relevan di dalam manajemen kehumasan menjadi jawaban yang tepat dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada. Sinergitas Kehumasan merupakan pekerjaan rumah yang paling besar dalam membenahi manajemen kehumasan. Tanpa adanya Sinergitas tersebut, strategi komunikasi yang diterapkan oleh Kemenkumham tidak mampu diturunkan ke seluruh Satuan Kerja” Jelas Plt. Dirjen HAKI

Beliau menambahkan Sinergitas Kehumasan juga menjadi jawaban terbaik ketika kemenkumham sedang mengalami permasalahan serta viralitas negatif, yaitu dengan menyatukan suara, dari 11 Unit Eselon 1, 33 Kantor Wilayah serta lebih dari 1000 unit pelaksananya, dalam mengkomunikasikan pesan serta kebijakan yang disampaikan oleh pimpinan kepada masyarakat.

“Seluruh insan pengayoman harus mampu menjadi humas tersendiri bagi kemenkumham dalam membangun citra positif di mata publik. Terutama bagi para pejabat serta seluruh jajaran kehumasan harus terus meningkatkan kapasitas serta pengetahuan sehingga mampu menjadi ujung tombak serta motor utama kehumasan di Kementerian Hukum dan HAM.” Pesan Razilu

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Pemberian berbagai penghargaan untuk Kantor Wilayah Terbaik dan Kumham PR Awards serta Launching Aplikasi Kekayaan Intelektual Comunal.